Jumat, 26 Oktober 2018

Satgas TMMD Kodim 0702/Purbalingga Bangun Drainase


PURBALINGGA. Salah satu program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III Komando Distrik Militer (Kodim) 0702/Purbalingga yaitu pembuatan Drainase sepanjang jalan Makadam program TMMD Sengkuyung Tahap III Kodim 0702/Purbalingga yang kini sudah dikerjakan dan pencapaian hasil 60%. (25/10).

Dengan personil sekitar 30 orang yang melibatkan Satgas TMMD terdiri dari TNI-Polri serta masyarakat Begitu terlihat giat dan semangat dalam bergotong-royong membangun Drainase, sehingga pembangunan Drainase tersebut telah terlihat hasilnya sehingga nantinya dapat mengantisipasi banjir.

Pada dasarnya, yang dikerjakan sangat simple dengan menempelkan adukan/spesi termasuk dengan bantuan papan, agar saluran drainase lurus dan rapi. Sedangkan fungsi dari pemlesteran ini adalah untuk meningkatkan kekuatan struktur saluran air, meratakan permukaan saluran dan melindunginya dari air atau cuaca yang ekstrim. Sehingga berdaya guna lama. Saluran drainase ini nanti akan dilanjutkan ketahab pengacian setelah kering.

Menurut Serma Sutrisno, pembangunan saluran ini sangatlah penting guna menjaga keawetan rabat beton yang sedang dibangun anggota Satgas TMMD Kodim 0702/Purbalingga. "Saluran ini untuk mengalirkan air hujan menuju irigasi. Selain itu manfaatnya juga untuk para petani dalam menyediakan tambahan air pertanian," terangnya.

Manfaat lain dari saluran ini adalah untuk memperbesar tingkat kestabilan tanah pada bagian berem jalan (bagian samping jalan). Kualitas adukan semen tersebut dapat disesuaikan dengan desain yang direncanakan dan pastikan dapat mengikat konstruksi dengan kuat.

Serma Sutrisno juga menambahkan, Bantuan tenaga warga kepada para satgas TMMD sangatlah membantu sekali jalannya kegiaan TMMD dan merupakan bukti kepekaan dan antusias warga dalam bersinergi dengan TNI. Hal ini akan sangat mempercepat pembangunan objek-objek Fisik TMMD lainnya. Karena waktu pelaksanaan kegiatan sangatlah terbatas, dengan semua sasaran harus tercapai dengan maksimal.terangnya. (arf-red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar