Jumat, 26 Oktober 2018

Satgas TMMD Kodim 0702/Purbalingga Kenalkan Tugas TNI Kepada Anak Anak SD N Makam


PURBALINGGA. TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III Kodim 0702/Purbalingga, tak hanya melaksanakan program pembanguan fisik, akan tetapi juga meliputi pada kegiatan non fisik, termasuk menyentuh bidang pendidikan. Hal itu seperti yang dilakukan Serma Ayono anggota Satgas TMMD Kodim 0702/Purbalingga.

Serma Ayono bukan hanya mengenalkan tugas dan tanggungjawab TNI, Ayono juga memberikan motivasi belajar dan menanamkan sikap disiplin sejak dini. Mengenalkan profesi maupun jati diri TNI kepada anak-anak, khususnya tingkat dasar haruslah dengan sabar dan menyelami dunia mereka. Inilah yang dilakukan Serma Ayono. (25/10).

Menurut Serma Ayono, dunia anak adalah dunia bermain, jadi penyampaiannya juga harus diselingi dengan bermain, bernyanyi, ketawa, dan dengan bahasa yang mudah mereka pahami.

“Komsos dengan anak adalah untuk mendampingi dan memberikan spirit kepada mereka agar tumbuh kepercayaan dirinya, tak mudah berputus asa saat menghadapi tugas guru serta agar semakin giat dalam belajar,” terangnya.

Dengan Komsos, akan terjalin komunikasi yang interaktif antara TNI dengan anak-anak. Sebagai contoh saja, dengan bermain bersama mereka, anak-anak akan semakin paham tentang jati diri TNI, sehingga akan memunculkan pemahaman bahwa TNI adalah pelindung mereka dan teman mereka.

Salah Satu Guru Pendamping SD N Makam mengaku bangga dengan adanya giat non fisik dari Satgas TMMD yang bergabung dengan anak didiknya. Dengan kehadiran Serma Ayono kata dia, anak-anak tampak senang dan antusias apa yang diajarkan Serma Ayono. Menurutnya hal itu juga memberikan kesan bahwa TNI tidak ditakuti anak-anak.

“Anak-anak merasa senang ada Tentara yang memperhatikan. Ini membuat mereka makin semangat untuk belajar. Saya berharap apabila nanti ada kegiatan lomba tingkat sekolah Dasar supaya anak didik kami bisa dilibatkan, agar lebih mempunyai kepercayaan diri,” harapnya.(arf-red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar